Upaya Atasi Krisis Moral dengan Pendidikan Karakter pada Anak

Upaya Atasi Krisis Moral dengan Pendidikan Karakter pada Anak

Upaya Atasi Krisis Moral dengan Pendidikan Karakter pada Anak

cleanseday.com – Karakter adalah ciri khas dari setiap individu untuk bisa berperilaku di dalam jalani kehidupannya, individu dengan karakter baik merupakan individu yang bisa membuat keputusan dan juga sikap mempertanggung jawabkan semua akibat dari keputusan yang telah dia buat. Karakter ini terbentuk bersamaan dengan proses pendewasaan manusia. Sebab pada mulanya, seorang anak masih belum mempunyai nila dan juga pengetahuan mengenai ajaran etika atau moral.

Upaya Atasi Krisis Moral dengan Pendidikan Karakter pada Anak

Pada kaitannya dengan nilai peranan pendidikan harus benar-benar bisa mengatasi krisis moral yang telah ditandai dengan semakin maraknya aksi anarkisme di akhir-akhir ini. Setiap saat seseroang beritenraksi dengan lingkungannya yang alami perubahan tidak menentu, tata nilai yang mapang sering sekali digoyahkan oleh nilai baru yang masih cari jati diri. Bertolak dari kondisi yang seperti ini, maka pendidikan pegang peranan yang sangat penting sekali sebagai salah satu wahana dalam mempersiapkan peserta didik untuk hadapi lingkungan hidup dengan norma serta tata nilai kehidupan yang sangat beragam. Sehingga konsepnya, suatu pendidikan harus selalu ada pembaharuan isi kurikulum.

Sekilas tentang pendidikan karakter pada anak

Kurikulum untuk semua jenjang dan juga jenis pendidikan telah dikembangkan sesuai potensi daerah serta potensi peserta didiknya. Sungguh sangat ironis sekali bila satuan pendidikan tak segera menyesuaikan kondisi tersebut. Gagap teknologi, krisis moral pada saat peserta didik terjun ke lingkungan baru merupakan salah satu dari hal yang menunjukkan ketidakmampuan satuan pendidikan di dalam menyikapi dan juga melaksanakan kurikulum yang dibuat. Sebaliknya, satuan pendidikan bisa berlari melesat denga cepat tatkala sistem yang berimbang yang telah dibangun dengan saling bersinergis dan bersosialisasi antar pemangku kepentingan pendidik.

Dengan tak mengesampingkan betapa pentingnya terwujud suatu kompetensi kehalian sebagai suatu hasil di dalam proses pendidikan, kurikulum yang berbasis karakter ini yang diterapkan secara sistematis dan juga berkelanjutan bisa sebabkan seseorang anak jadi cerdas emosinya. Nah, kecerdasan emosi pada anak ini merupakan bekal yang paling penting di dalam mempersiapkan anak dalam menyongsong masa depannya dengan lebih cemerlang, sebab seorang anak akan lebih mudah dan juga berhasil dalam menghadapi segala hal tantangan kehidupan, termasuk tantangan untuk dapat berhasil secara akademis, dan juga berwawasan luas, mempunyai emosional, serta jiwa stabil.

http://www.kuliahbahasainggris.com/recount-text-pengertian-tujuan-generic-structure-dan-contoh-terlengkap/ Urusan paling utama di dunia pendidikan adalah manusia. Hal yang demikain ini jelas sebab subjek didiknya berupa manusia, dengan juga objeknya. Saat masuk dunia pendidikan sebenarnya manusia sudah siap alami pengemblengan diri untuk dibentuk sebagai individu. Oleh sebab itulah di sini adalah awal dari pembentukan karakter dimulai dengan cara memberi pemahaman mengenai etika, moral, akhlak, normal, serta tata nilai.

Demikian sekilas informasi tentang upaya atasi krisis moral dengan pendidikan karakter pada anak. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: