Tips Mengajarkan Disiplin Tanpa Kekerasan pada Anak

Tips Mengajarkan Disiplin Tanpa Kekerasan pada Anak

Tips Mengajarkan Disiplin Tanpa Kekerasan pada Anak

cleanseday.com – Melatih sih kecil untuk bisa disiplin di setiap harinya memang perlu dilakukan seja usia dini ya bund. Hal yang satu ini sangat penting sekali supaya sih kecil juga terbiasa untuk melakukan hal yang baik. segala sesuatu yang dia lakukan dengan teratur dan juga rutin di setiap harinya tentu akan membentuk suatu kebiasaan yang pastinya akan berdampak baik sekali bagi diri sih kecil sendiri. Pastinya Anda juga tak perlu sampai membentak atau bahkan mencubit untuk menjadikan sih kecil disiplin. Hal yang sederhana dan juga lembut malah akan menjadikan sih kecil lebih menuruti permintaan Anda. Bunda, di bawah ini adalah beberapa tips mengajarkan disiplin tanpa kekerasan pada anak yang bisa Anda terapkan pada buah hati tercinta.

Tips Mengajarkan Disiplin Tanpa Kekerasan pada Anak

Tips mengajarkan disiplin tanpa kekerasan pada anak

Katakan secara tegas

Pada saat sih kecil tam mau bereskan semua mainannya, katakana saja secara tegas bahwasanya Anda memintanya untuk segera membereskan semua mainan yang sudah digunakan. Ucapkan yang tegas tetapi bukan berarti harus memaharinya atau pun membentak. Jelaskan secara gamblang bahwasannya mainan yang sudah selesai dimainkan harus segera dibereskan seperti sedia kala.

Berikan penjelasan pada sih kecil

Jelaskan saja tentang hal buruk yang bisa terjadi pada saat sih kecil tidak bisa disiplin. Jelaskan dengan cara sederhana, tak perlu panjang, sebab kalimat yang panjang malah dianggap sebagai omelan yang menjadikannya merasa tak nyaman.

Berikan kompromi sesekali saja

Setiap anak mempunyai pemahaman yang berbeda-beda mengenai satu masalah. Untuk itulah coba Anda berkompromi dengan keadaan. Tindakan kompromi ini nanti akan menjadikan sih kecil merasa lebih hati-hati dan juga sangat penting sekali untuk perkembangan pola pikirnya.

Mengajarkan anak tentang konsekuensi

Memberi penjelasan mengenai konsekuensi akan menjadikan anak Anda memahami manfaat dari disiplin. Contohnya saja konsekuensi bangun siang akan menjadikannya terlambat untuk berangkat ke sekolah dan yang lain sebagainya. Penjelasan yang logis nantinya akan melatih sih kecil untuk kembangkan pola pikirnya dengan baik.

Konsisten dengan aturan yang sudah dibuat

ilmubahasainggris.com Pada saat Anda membuat aturan mengenai suatu hal, maka berusahalah untuk selalu konsisten. Selama Anda konsisten maka anak nantinya akan belajar untuk disiplin dan mematuhi aturan tersebut. Sebab hal yang dipahami oleh anak adalah dia belum bisa membuat keputusan yang baik, maka dia akan mencontoh Anda.

Nah, itulah tips mengajarkan disiplin tanpa kekerasan pada anak yang bisa kami informasikan untuk Anda semuanya. Sikap disiplin yang Anda tanamkan sejak usia anak masih dini nantinya akan bermanfaat untuknya di masa yang akan datang. Semoga saja informasi di atas bisa bermanfaat.

Baca Juga: