tips-kenalkan-warna-pada-anak

Tips Kenalkan Warna Pada Anak

Tips Kenalkan Warna Pada Anak

cleanseday.com – Menurut hasil diskusi kami dengan para ibu pada forum konsultasi anak lewat online, kenalkan sih kecil pada berbagai warna harus dilakukan sejak usia dini. Karena selain bentuk, warna adalah salah satu ciri yang ternyata paling mudah terlihat dari setiap benda yang ada di sekitar Anda. Dengan mengetahui berbagai macam warna, maka sih kecil nantinya akan lebih mudah lagi mengenali dan juga membedakan benda-benda yang ada di sekelilingnya dengan baik.

tips-kenalkan-warna-pada-anak

Anda juga dapat memperkenalkan warna pada anak lewat cara yang fun atau menyenangkan, salah satunya adalah lewat aktifitas melukis dengan menggunakan bola kapas. Dan berikut ini adalah beberapa langkah-langkahnya bund.

Tips mengenalkan warna pada anak

Alat dan bahan yang diperlukan

  • Bola kapas. Jika Anda memang tidak memiliki kapas dengan bentuk bulat seperti ini, maka Anda bisaa membuatnya sendiri dengan cara membulat-bulatkan stok kapas yang ada di rumah Anda.
  • Mangkuk atau wadah berukuran besar untuk bulatan kapas.
  • Mangkuk atau wadah berukuran kecil untuk tempat cat.
  • Cat warna-warni. Pilih saja yang dibuat khusus untuk anak sehingga aman bagi anak Anda. Bila memang kesulitan dalam mencari cat dengan jenis ini, Anda bisa membuatnya sendiri bund. Caranya adalah dengan mencampur tepung terigu dan air, sehingga berbentuk cukup kental, lalu pisahkan pada beberapa wadah dan tambahkan saja pewarna makanan.
  • Anda bisa menggunakan berbagai jenis penjepit yang ada, contohnya saja penjepit pakaian.
  • Kertas putih tebal sebagai alasan mewarna.

Cara bermain

  • Sebelum akan memulai melukis, silakan Anda perkenalkan terlebih dulu nama warna pada anak sembari menunjukkannya satu per satu. Pilih warna yang memiliki perbedaan kontras sehingga lebih mudah dikenali anak. Contohnya saja warna biru, merah, kuning, hijau, dan lain sebagainya.
  • Kemudian biarkan saja anak Anda berkreasi sesuka hatinya. Anda tidak perlu mengatur warna atau pun bentuk apa yang harus dia buat ya bund. Hanya saja, pastikan anak mewarnai di atas kertas yang sudah disediakan, supaya koordinasi mata dan juga tangannya terasah dengan sangat baik, dan Anda pun juga tidak kesulitan untuk membersihkannya setelah aktifitas seru yang satu ini selesai.

Lewat permainan tersebut, Anda juga tidak hanya memperkenalkan jenis warna, akan tetapi juga bisa memberi rangsangan pada indra peraba anak sebab dia harus bersentuhan dengan kapas atau cat warna pada saat melukis.

http://www.dosenpendidikan.com/sejarah-lahirnya-sumpah-pemuda-indonesia/ Apabila anak puas bermain, Anda bisa mengeringkan hasil karyanya dan memajang sebagai bentuk penghargaan baginya. Hasil lukisan anak yang sudah kering juga dapat digunakan untuk bermain tebak-tebakan warna kembali agar anak Anda semakin ingat apa yang dia pelajari hari ini.

Demikianlan tips kenalkan warna pada anak yang bisa kami informasikan untuk Anda. Semoga saja bisa bermanfaat.

Baca Juga: