Pengertian Laut

Pengertian Laut

cleanseday.com – Apa kalian tahu kenapa kenapa air laut itu asin ?? semua pasti bertanya demikian. Untuk menghilangkan rasa penasaran kalian tentang kenapa air laut yang asin. Dalam artikel kali ini akan mengulas tentang Pengertian dan kandungan air laut.

Pengertian Laut

A. Pengertian Laut

Laut sendiri merupakan kumpulan air asin dalam jumlah yang sangat banyak dan sangat luas pula yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau. Jadi laut itu merupakan air yang menutupi permukaan tanah yang sangat luas yang mana pada umumnya laut mengandung garam dan berasa asin. Dan biasanya air yang ada di darat akan mengalir dan bermuara ke laut.

Indonesia sendiri memiliki wilayah perairan laut yang sangat luas dan pada saat ini kondisinya kurang terjaga sehingga mudah mendatangkan ancaman sengketa batas wilayah dengan negara-negara tetangga. Untuk landas kontinen, negara kita berhak atas seluruh kekayaan alam yang terdapat di laut sampai dengan kedalaman 200 meter. Sedangkan batas laut teritorial kita sejauh 12 mil dari garis dasar lurus dan perbatasan laut zona ekonomi ekslusif atau ZEE sejauh 200 mil dari garis dasar laut.

B. Air Laut

1. Rasa Air Laut

Sebetulnya rasa dari air laut itu berasal dari daratan. Kronologinya, yaitu pada saat terjadi hujan di daratan, air akan meresap dalam tanah dan sedikit demi sedikit akan keluar lagi dengan melalui sungai-sungai yang akhirnya mencapai laut. Nah pada pada saat perjalanan air menuju ke laut tersebut, air dari daratan juga membawa mineral sehingga laut dipenuhi oleh garam-garam mineralĀ http://www.profillengkap.com

Kita tahu bahwa laut itu memiliki suatu permukaan yang sangat luas sehingga hal ini menjadi salah satu faktor penguapan dalam jumlah besar, di saat air laut menguap, yang menguap hanya air atau H2O, dan sedangkan garam-garam mineral akan tetap tinggal bersama air laut, karena itu air laut rasanya asin. Kadar keasinan dari air laut dipengaruhi oleh faktor suhu, dan biasanya semakin panas daerah tersebut maka air lautnya semakin asin.

Nah sekarang kalian tahukan kenapa air laut itu asin. Sekarang pasti kalian bertanya kenapa air danau tidak asin padahal sama-sama berada diatas permukaan yang luas. Berikut penjelasannya:

Dan jawabannya ialah, karena permukaan air danau tidak cukup luas sehingga penguapannya tidaklah begitu besar, maksudnya air yang menguap dengan air yang masuk ke danau masih bereimbang dan sumber mineralnya sangat terbatas, berbeda dengan air laut yang sumber mineralnya berasal dari berbagai penjuru dunia yang menjadi satu.

2. Kandungan Garam Dalam Air Laut

Air Laut memiliki kadar garam dengan rata-rata 3,5 %. Artinya dalam 1 liter atau 1000 mL air laut terdapat sekitar 35 garam (terutama, tapi tidak seluruhnya, merupakan garam dapur atau NaCl).

Meskipun hampir seluruh air laut yang di dunia mempunyai kadar garam sekitar 3,5 %, air laut juga berbeda-beda kandungan garamnya. Dan laut yang Paling tawar ialah di timur Teluk Finlandia serta di utara Teluk Bothania, kedua laut tersebut bagian dari laut Baltik. Adapun laut yang paling asin ialah di Laut Merah, suhu tinggi dan sirkulasi yang terbatas membuat penguapan tinggi serta sedikit masukan air dari sungai-sungai. Kandungan garam di beberapa danau bisa lebih tinggi lagi.

Air laut memiliki kadar garam itu karena bumi dipenuhi dengan garam mineral yang terdapat di dalam batu-batuan dan tanah. Dan contohnya, yaitu : natrium, kalium, serta Kalsium, dan lain sebagainya. Apabila air sungai mengalir ke lautan maka air tersebut membawa garam. Ombak laut yang memukul pantai juga menghasilkan garam yang berasal dari batu-batuan yang terhempas. Dan lama kelamaan air laut akan menjadi asin karena banyak mengandung garam.

Baca Juga :