Mengatasi Anak yang Belum Bisa Baca Saat Sekolah

Mengatasi Anak yang Belum Bisa Baca Saat Sekolah

Mengatasi Anak yang Belum Bisa Baca Saat Sekolah

Cleanseday.com – Bunda, di usia 5 tahun pertama di kehidupan sang anak adalah sebuah masa yang memiliki peranan cukup penting sekali bagi pertumbuhan sang anak. Yang mana masa-masa tersebut seringkali disebut dengan masa emas bagi pertumbuhan sang anak. Sebab, di masa inilah anak Anda akan belajar banyak hal dengan lebih cepat. Sebab alasan ini juga, ada banyak sekali para orangtua yang mempunhai harapan terlalu besar untuk anak-anaknya kelak, khususnya yang ada kaitannya dengan kesiapan sang anak di dalam menghadapi dunia sekolah.

Mengatasi Anak yang Belum Bisa Baca Saat Sekolah

Selain itu, ada banyak orangtua yang sudah mulai mengajarkan anaknya menulis, membaca, dan juga menghitung, atau bahkan luar biasanya lagi mereka sudah fasih dalam membaca, menusli, serta berhitung sebelum mengenal bangku sekolah. Hal yang satu ini dimaksudkan supaya bila nanti sang anak masuk sekolah dia akan lebih siap lagi bila dibandingkan anak-anak yang lain.

Tapi, merujuk ke sebuah artikel yang dituliskan dalam laman vemale.com bahwasannya kesiapan sekolah sebetulnya adalah bagi anak-anak yang masih duduk di sekolah dasar (SD) atau pun taman kanak-kanak (TK) adalah kesiapan mental dari sang anak tersebut. Hal yang demikian ini umumnya juga dibarengi dengan kesiapan sang anak untuk bisa menerima tanggung jawab yang lebih bila dibandingkan pada saat dirinya belum bersekolah.

Membaca bukan hal yang harus diajarkan sebelum anak masuk sekolah

Bunda, sebetulnya mempersiapkan anak untuk bisa belajar di sekolah nanti bukan sebuah keharusan untuk mempersiapkan skill yang bakal dipelajari di sana. Akan tetapi hal tersebut lebih pada kesiapan mental dan juga fisiknya untuk bisa menerima dengan baik pelajaran yang nantinya akan diajarkan oleh gurunya. Jadi, belajar berhitung, menulis, apalagi membaca bukan suatu hal yang harus diajarkan sebelum anak masuk sekolah.

Anda cukup membantu anak kenal beberapa huruf-huruf saja untuk menjadikan dia lebih mudah di dalam menerima pelajaran. Dan sama halnya dengan angka, jangan terlalu menekan sang anak untuk bisa menghitung hingga angka puluhan. Cukup dengan mengajarkan dia angka 1 hingga 10 saja. Dan nanti sisanya biarkan guru di sekolah yang akan mengajarkannya.

dosenpendidikan.com Memang benar, kemampuan baca dan nulis diawali dengan perkenalan huruf, Anda tak perlu memaksakan supaya anak bisa baca sebuah kata secara utuh, biarkan saja nanti guru di sekolahnya yang mengajarkannya. Tugas Anda di sini adalah mengulangi pelajaran yang sudah diberikan oleh guru pada saat sekolah. Proses pengoreksian seperti ini nantinya akan membantu sang anak untuk belajar dan mengingat hal yang sudah diajarkan oleh gurunya.

Demikianlah cara mengatasi anak yang belum bisa baca saat sekolah yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: